Tuesday 26 May 2015

Cara Cek Kondisi Harddisk melalui Command Prompt (CMD) di Windows

xixihi,, kali ini Nuenomaru akan nyingung nyingung salah satu Hardware terpenting dari salah satu kompenen di Komputer/Laptop, yaitu Harddisk (HDD)
Harddisk menurut Nue merupakan komponen terpenting dalam komputer, ini dikarenakan data – data pekerjaan, game, hiburan (hiburan o.O #pfftt) akan terkumpul di media penyimpanan ini. Jelas sangat penting dan jangan sampai ada kerusakan bukan? apa lagi Bad Sector :p
Nah… sebenarnya Windows sudah menyediakan cara untuk mengecek kerusakan pada HDD bisa melalui Check Disk. Tapi kalau anda ingin menggunakan command prompt juga bisa, dan akan memanfaatkan WMIC (Windows Management Instrumentation Command) yang akan mendapatkan informasinya dari SMART (Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology). Jadi bisa cukup memadai kalau ingin mengecek kesehatan harddisk anda dengan cepat.



Bagaimana caranya? Langsung saja pada command prompt ketikkan perintah berikut: wmic diskdrive get status dan tekan ENTER.



Kalau tidak ada masalah atau semuanya normal maka hanya akan muncul balasan “Status OK”, kalau lebih dari satu harddrive yang terpasang maka kata OK bisa muncul lebih dari satu juga. Misal muncul kode selain OK ini bisa menjadi pertanda ada resiko kerusakan yang terjadi pada harddisk. Harap segera membuat backup data – data penting pada komputer anda kalau memang begitu, dan membuat cadangan data adalah hal yang sebaiknya rutin dilakukan walaupun tidak ada masalah apa – apa.
Sekian tutorial thread kali ini, semoga bermanfaat.
maaf bila ada kekurangan >3<"





./Nuenomaru


Nuenomaru just an illusion in Cyber World





Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art
G+         TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2



EmoticonEmoticon