Sunday 4 March 2018

Membuat Repeater Dengan WDS Di MODEM SPEEDY ADSL+



Yoo~ Selamat malam semuanya ,
sudah lama rasanya tidak posting artikel heheheu~ , kali ini gua #OepilCore bakalan sedikit sharing ajah nih tentang WDS , apasih itu WDS ? dan juga kita bakalan membuat repeater dari Modem Speedy ADSL ,


langsung aje kita cekidottt~

oke , disini gua jelasi secara singkat ajah kali ya , apa itu WDS

Wireless Distribution System (WDS) memungkinkan jaringan wireless dikembangkan menggunakan beberapa access point tanpa harus memerlukan backbone kabel jaringan untuk menghubungkan mereka, seperti cara tradisional. Keuntungan yang bisa kelihatan dari Wireless Distribution Systemdibanding solusi lainnya adalah bahwa dengan Wireless Distribution System, header MAC address dari paket traffic tidak berubah antar link access point. tidak seperti pada proses encapsulation misalnya pada komunikasi antar router yang selalu menggunakan MAC address pada hop berikutnya. (Source : http://www.jaringan-komputer.cv-sysneta.com/wireless-wds)  

oke , jadi untuk lebih lengkapnya bisa baca di link yang tercantum ajah ya.
dan maksud tujuan gua untuk bikin postingan ini adalah , berhubung gua ada modem speedy adsl yang tidak terpakai , dan juga tetangga gua masang internet yang masih menggunakan modem speedy juga


jadi gua memutuskan untuk menjadikan itu modem tetangga sebagai sumber internet buat modem adsl yang tidak terpakai dirumah , jadi gua lebih memilih menjadikan modem gua ini sebagai repeaternya heheheu~

biar kalo mau internet gretongan gak usah ampe maen maen kedepan rumahnya kwkwk~


langsung ajah kita mulai nih prakteknya.
pertama, usahakan kalian sudah bisa berhasil masuk kedalam page admin login dari modem pertama ,
atau kita sebut saja sebagai MODEM A.

berhubung MODEM A tetangga gua ini menggunakan ip address 192.168.1.254 ,
kita buka browser lalu kita login ke page admin loginnya. soalnya kan setiap modem itu ip addressnya berbeda-beda , bisa diatur sesuka hati juga.


nahh , setelah berhasil login , langsung ajah menuju ke tab INTERFACE SETUP > WIRELESS ,
disini kalian tinggal ubah channel dan yang harus di ingat, channel dari MODEM A dengan MODEM B harus sama. disini gua pilih CURRENT CHANNEL 1 , dan REGION : TELKOM INDONESIA

lalu selanjutnya kita scroll ke bawah , di bagian WDS


di bagian WDS ini , kita ON
WDS ENCRYPTION TYPE : AES
WDS KEY : TelkomIndonesia (disini password harus sama dengan nanti MODEM B , jadi terserah mau di isi apa sama kalian)
MAC ADDRESS #1 : (disini isi mac address dari MODEM B)

setelah itu lalu kita klik SAVE.

 ========================== SELESAI DI MODEM A ======================= 

lanjut kita ke MODEM B
seperti cara yang pertama dan kedua , kita login kedalam page admin login di MODEM B



nahh , setelah berhasil login , langsung ajah menuju ke tab INTERFACE SETUP > WIRELESS ,
disini kalian tinggal ubah channel dan yang harus di ingat, channel dari MODEM A dengan MODEM B harus sama. disini gua pilih CURRENT CHANNEL 1 , dan REGION : TELKOM INDONESIA


Disini kita setting apn wifi dari MODEM B ,
 

di bagian WDS ini , kita ON
WDS ENCRYPTION TYPE : AES
WDS KEY : TelkomIndonesia (disini password harus sama dengan  MODEM A , jadi terserah mau di isi apa sama kalian)
MAC ADDRESS #1 : (disini isi mac address dari MODEM A)
lalu kita SAVE.

setelah itu , kita masih ada yang harus diubah di MODEM B.


 Kita pindah ke tab INTERFACE SETUP > LAN ,
disini kita ubah IP ADDRESS agar tidak bentrok dengan IP MODEM A.

DIRECTION : NONE
MULTICAST : DISABLE
IGMP SNOOP : DISABLE
MIDSNOOP : DISABLE
DHCP : DISABLE
RADVD ENABLE : DISABLE
DHCPV6 SERVER : DISABLE

setelah dibagian lan MODEM B ini sudah kita ubah ,
lalu kita save dan restart MODEM B.


========================== SELESAI DI MODEM B ======================= 

setelah itu , perlu di ingat.
karena DHCP MODEM B ini kita matikan , jadi kita perlu menginput ip manual sendiri. untuk bisa terkoneksi dengan MODEM B ini.


kalo berdasarkan settingan yang saya buat ini,
ip address :  192.168.1.xxx / 24

gateway : 192.168.1.254 ( ip dari MODEM A)

setelah itu bisa kalian coba sendiri untuk mengkoneksikan di MODEM B , apakah sudah terkoneksi ke jaringan internet dari MODEM A  ,

oke , mungkin hanya sedikit yang bisa saya sharing , saya juga bisa karena membaca dari beberapa postingan , dan saya coba sendiri ,
terkadang rasa ketertarikan itu perlu untuk membawa kita kepada hal-hal yang baru ~ yoi gak ? kwkwkwkw~


Silahkan di baca juga: Tutorial Setting WDS di ONT ZTE F609 with Om Nue

bila ada kesalahan dalam penyampaian atau ada yang kurang dimengerti saya mohon maaf,
okey , gua #OepilCore . see you on next article ~
bababaaaayyyy~


Visit and follow :


FP         : TKJ Cyber Art
G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i

1 comments

Mas mau tanya untuk modem B bisa egak ya kalau menyambungnya gak menginput ip manual?


EmoticonEmoticon