Tuesday 6 March 2018

Tutorial Setting WDS Di ONT ZTE F609


Hello World; Malam Fans, Please Say Hello Haters ;*
apa Kabs ? Lanjut Blogwalking Om, wkwkw xD

dah lama2 gak keliatan lu pada wkkwkw (*padahal gua :v*) , masih pada jomblo kan lu ? (*bagus temenin gue*).
udeh gak useh basa basi, kali ini gua bakal Share Tutorial Setting WDS Di ONT ZTE F609 .
yah karena Internet berbasis Optik untuk Rumahan Sekarang lebih simpel makai Teknologi GPON , jadi pasti kalian banyak nih para pengguna / Wifi Seeker yang sering menemukan teknologi GPON .
nah untuk kali ini gua meraktekin nya di ONT ZTE versi F609 , silahkan coba di ONT Kalian masing2.
note: untuk ONT ZTE F660 sepertinya tidak support untuk fasilitas teknologi WDS .

Sebelumnya Om OepilCore sudah Share apa itu Teknologi WDS dan tutorial Setting WDS Di Modem ADSL Speedy (*Berbahagialah kau para wifi seeker / pengguna setia Jaringan Berbasis Tembaga*)

Bahan2::

1. Saya anggap kalian semua sudah mempunyai 2 ONT.
2. Kabel LAN (jika setting nya via PC/Leppy)
3. HP Jika Setting nya lewat Mobile.

-disini saya setting via Leppy menggunakan kabel LAN, agar lebih simpel dan tidak terpental agar ganti SSID dan Password wifi-

Langkah2:

A. Setting ONT pertama

1. Koneksikan Device kalian ke ONT
2. Buka Browser dan masuk ke Akses Login ONT Kalian di 192.168.1.1


----------------------------------
username: admin
password: admin
----------------------------------
username: admin
password: Telkomdso123
----------------------------------
username: user
password: user
----------------------------------
*silahkan login menggunakan salah satu Username dan Password diatas*

3. setelah berhasil login sebagai user administrator, kalian klik bagian Network -> WLAN ->Basic (pada settingan basic ini kalian samakan saja pada kedua ont. sebenarnya hal yang harus di samakan itu adalah channel, sama settingan pada security nya harus sama pada kedua ontnya.)setelah itu kalian sesuaikan settingannya seperti pada gambar di bawah ini, jika sudah klik Submit .

pada gambar diatas, saya berikan channel 4,jadi pada kedua ONT harus ada di channel 4.
4. Lalu Klik ke bagian Submenu SSID, untuk memberi nama Wifi pada ONT pertama sesuai yang elu pade mau. jika sudah jangan lupa klik Submit .


5. Jika sudah Klik Submenu Security untuk mensetting Password Wifi pada ONT .
pada ONT Pertama ini saya tidak memberikan settingan securitynya atau lebih tepatnya saya buat OPEN Wifi nya. kalian setting open aja wifi nya.


6. Jika sudah setting Password, lalu pergi ke Submenu WDS , Nah karena kita lagi setting ONT pertama, nah ONT Pertama ini kita Tugaskan sebagai WDS Root (sumber utama Jaringan) , lalu masukan MAC ADDRESS Ont kedua yang bertugas sebagai Penerus/ WDS REPEATER , untuk Mac Address ont bisa kalian liat di bawah fisik ONT . lalu klik Submit .


7. Lalu pergi ke menu Network -> LAN . untuk settingan DHCP nya pada ONT A di Matikan/Unable saja, setting ip pada ONT A kalian samakan seperti pada gambar di bawah ini :


SELESAI SETTING ONT PERTAMA (A)

B. Sekarang Setting ONT Ke 2

1. Koneksikan Device kalian ke ONT
2. Buka Browser dan masuk ke Akses Login ONT Kalian di 192.168.1.1


3. Setelah berhasil Login pada ONT Ke 2 (B) . step by step nya mengulang seperti ont pertama, silahkan setting sesuai Beberapa Gambar dibawah ini:


4. lalu settingan WDS Pada ONT Ke 2, jadikan ont ini sebagai Repeater (WDS REPEATER)
Lalu masukan Mac Address ont pertama , dan klik Submit .


5. lalu pergi Ke Network -> LAN . nah pada ONT Ke 2 ini, Hidupkan DHCP Nya dan setting seperti gambar dibawah:


Nah jika sudah , Otomatis IP Login ONT ke 2 kalian bukan lagi 192.168.1.1 , tapi sesuai sama settingan IP yang barusan bro .

Login ONT saya menjadi 192.168.1.100

selesai sudah untuk melakukan settingan WDS pada modem Zte F609. untuk menguji nya kalian koneksikan wifi1 ke android dan wifi2 kalian koneksikan ke laptop (cabut Lan yang terkoneksi di laptop). ping dari pc ke hp, jika reply berarti sudah berhasil Melakukan settingan WDS nya.



Hahaha ya begitu dah , sekian tutorial ringan kali ini. itung2 buat nambah wawasan dan santay2 ngopi sambil ngoprek ^_^

Untuk baca2 tentang artikel berlabel Fiber Optic Cable dan Fiber Optic Terminal bisa kalian klik disini

owh iya, Bila ada Link atau gambar pada Artikel Blog ini ada yang rusak/Mati, harap lapor disini

Stay Cool and Keep ./Crotz , gaes <(")
bila ada kesalahan mohon di maafkan dan dibenarkan di kolom komentar kak.
bila ada kritik, dan pertanyaan langsung aja kak ke wall fanspage kami: TKJ CYBER ART
Nue cuma niat untuk Share Tutorial, yg bertujuan utk membantu para pemula kek Nue :')
Sekian dan semoga bermanfaat .. terimakasih


./Nuenomaru

Bukan Seperti Orang2 Berdasi yang Gila Materi








Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art

G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i


13 comments

bro saya setting wds nya berhasil sama" f609 nya cuman sayangnya di wds repeater dikasih lan 1 ke pc untuk internetan g bisa, cuman bisa via wifi , nah kalo komputer kan g ada wifinya, apa ada lg settingannya untuk repeaternya agar bisa internetan via lan?

gan..kalo ont punya saya gk ada menu WDSnya pada WLAN kira2 ada solusi gk ya..padahal sdh saya login sebagai admin tks

beli alat tp link wireless adapter aja bro, cocok utk PC biar bisa via wireless.

pastikan anda sudah msk ke login Mode ADMIN pada ont.
jika tetap tidak ada (cth ont f609 ver.2 tdk support WDS) , dan anda tetap mao membuat repeater tanpa menarik kabel LAN, silahkan beli alat TP Link Extender / Universal WiFi Range Extender .

trims

Om, saya tanya dong... kalo ZTE F609 ini bisa digunakan sebagai Repeater kah? bukan access point ya om... mohon pencerahannya, terima kasih :)

versi berapa yg support wds?

bos mau tanya, kalo saya pake aquila max sbg modemnya, trus zte f609 sebagai penerua signal wifi nya, bgmn tuh cara settingnya??thx bos

saya sudah ikuti semua petunjuk diatas,,,saat cek status network di zte f609 yang saya jadikan repeater tertulis no conection available,,,mohon pencerahannya min

Misi gan..
Saya kan punya modem di rumah zte-f660 itu dia aktif buat telpon rumah doang,
Ada yg tau ga cara aktifin internetnya gimna... Thx

Permisi min.
di setting router f609 utama saya tidak ada Submenu WDS. jadi saya terhenti ditutorial nomor 6. Apakah ada solusi?

ini ONT 1 ke ONT 2 harus pake kabel LAN atau bisa nirkabel?

Gk berhasil.. Kykx hrus pke Kabel utp lg dri sumber ke modem bekasnya


EmoticonEmoticon