Tuesday 23 November 2021

Mengatasi Slow Login dengan SSH pada CentOs

 


Hallo semuanya, semoga kabar kalian untuk hari ini baik baik saja, Tetap semangat meskipun isi dompet sedang sekarat wkwkw, Balik lagi dengan gua #OepilCore.

okei , untuk kali ini gua bakalan sekedar share tutorial simple yang berasal dari keresahan gua saat sedang iseng belajar-belajar tentang CentOs di vmware, yaitu Mengatasi Slow Login dengan SSH pada CentOs .,

oke langsung cuss aje ~

dan ya setelah di awal sebelumnya udah sedikit gua jelasin tentang tools ini,.
mari kita langsung menuju ke tutorialnya ajah.

Jadi, singkat cerita disaat gua lagi iseng belajar dan gua ngalamin keresahan dalam login menggunakan ssh pada centos, gua coba untuk mencari solusi dan apa penyebabnya kok bisa lama gini login ke dalam centos, akhirnya gua mendapatkan sebuah pencerahan dari beberapa referensi yang nantinya bakalan gua lampirin di akhir dari tutorial kali ini.

yuk kita lanjut ke tutorialnya ,.
kalian bisa langsung buka terminal kalian dan buka file sshd_config kalian dengan text editor yang memang kalian sukai, disini gua menggunakkan nano sehingga commandnya adalah sebagai berikut :

nano /etc/ssh/sshd_config


Setelah kalian buka file tersebut, kalian bisa mencari 2 parameter ini yang terdapat didalam file sshd_config, Jika kalian menggunakan nano kalian dapat menggunakkan shortcut Ctrl+w untuk menggunakkan fitur search text didalam nano lalu isi dengan 2 parameter dibawah ini. 

GSSAPIAuthentication yes


UseDNS yes


Secara default kedua parameter adalah aktif, jadi kita harus menonaktifkannya dengan cara mengubah
kedua parameter tersebut menjadi no

GSSAPIAuthentication no


UseDNS no


Jika kalian sudah selesai maka kalian bisa save file tersebut dan lakukan restart pada service ssh kalian
dengan command :

systemctl restart sshd


Jika sudah selesai maka kalian dapat langsung login menggunakkan ssh ke CentOs kalian,

Referensi tutorial kali ini berasal dari :



kalo ada yang kurang jelas atau gimana , kalian bisa menanyakannya di kolom komentar ataupun fanspage kita.

sekian dulu dari gua #OepilCore , semoga bertemu kembali di lain kesempatan.
~bubyeee




Visit and follow:

FP         : TKJ Cyber Art
G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2
Line       : http://line.me/ti/p/%40hjl8740i


EmoticonEmoticon