Wednesday 7 September 2022

setup DNS Record untuk Google Workspace

 


Hallo Semuanya, Sudah lama tidak menulis dan juga posting artikel disini, semoga kabar kalian untuk hari ini baik-baik saja. Balik lagi bersama gua #OepilCore

Kali ini gua bakalan share sesuatu hal mengenai Google Workspace, bagi kalian yang pernah denger atau masih awam tentang ini mungkin nanti kalian bisa coba lanjut-lanjut baca lebih lagi mengenai "Apasih itu Google Workspace?" di sini, Tapi kali ini gua bakalan share ke kalian tentang setup DNS Record untuk Google Workspace.
Sebelumnya gua ingin memberitahukan bahwa setup ini dilakukan sesudah kalian melakukan Verifikasi Domain yang kalian gunakan ini bahwa ini benar-benar domain kalian karena pada awal verifikasi kalian akan diminta untuk Setup CNAME Record sebagai bentuk verifikasi dari Google Workspace terhadap Domain kalian.

Pada tutorial ini gua memberikan tutorial singkat mengenai Setup DNS Record untuk Google Workspace lanjutannya ketika kalian sudah Setup CNAME Record

Oke sekarang kita bisa langsung mulai ajah untuk tutorialnya seperti apa. 
  1. Pertama kalian bisa coba login ke Domain Panel kalian lalu kalian dapat menuju ke bagian DNS Management.

  2. Lalu selanjutnya kalian dapat setup recordnya sebagai berikut:

Note: 
  • Biasanya ada 5 MX Records namun disini saya buat menjadi 3 untuk mempermudah.
  • MX ( Mail Exchange ) Disini merupakan records untuk mail routing ke Google server
  • SPF ( Sender Policy Framework ) TXT Records (ini memungkinkan server email penerima untuk memverifikasi bahwa server pengirim berwenang untuk mengirim email atas nama domain Anda)
kalo ada yang kurang jelas atau gimana , kalian bisa menanyakannya di kolom komentar ataupun fanspage kita.

sekian dulu dari gua #OepilCore , semoga bertemu kembali di lain kesempatan.
~bubyeee




Visit and follow:

FP         : TKJ Cyber Art
G+         : TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art


EmoticonEmoticon