Friday 22 May 2015

Tutorial Cara Mereset Password di Ubuntu Tanpa Harus Login

Hai Hai Hai Hai 
Nuenomaru stay here :p

Baiklah, nggak usah bertele-tele, langsung aja. Kenapa saya merasa penting untuk berbagi tips cara mereset password di ubuntu? Karena saya ini kan masih pemula, dan waktu itu saya coba buat ganti-ganti user dan password di ubuntu saya, tapi eh malah pas mau masuk password saya nggak ada yang cocok, jadi saya berkelana di google untuk caritau cara masuk tanpa password, tapi nggak ketemu, susah banget saya sampe bingung. Tapi untungnya saya akhirnya bisa mengatasi masalah ini dengan bantuan google juga, tapi tutorialnya itu bahasa inggris, jadi saya coba posting lagi dengan menggunakan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Kali aja ada teman yang senasib sama saya, terus bingung nggak tau caranya.
Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan kalo kamu nggak bisa masuk ke ubuntu karena lupa password atau lain hal, kamu harus restart PC dulu dan masuk ke recovery mode.
Gimana caranya masuk ke recovery mode???
Kalau OS di PC kamu hanya ubuntu, untuk menampilkan menu bootnya, tekan tombol SHIFT selama booting.


Nanti akan muncul tampilan seperti ini, pilih yang recovery mode. kalau yang di ubuntu 13.04, sebelum ini akan ada pilihan Advance setting dulu baru masuk ke tampilan yang begini

setelah itu kamu pilih root
untuk memilihnya, cukup gunakan tombol navigasi di pc kamu, dan tekan enter

lalu tulis mount -o rw, remount /
Jangan lupa tekan enter setiap selesai mengetik perintahnnya
Nah, sekarang proses untuk reset passwordnya, ketik:
passwd username kamu
terus kamu bakal disuruh masukin password baru yang mau kamu buat, pas diketik emang nggak muncul apa-apa, jadi jangan kaget. Setelah masukkan passwd yang baru, tekan enter nanti kamu akan di suruh menulis ulang passwordnya
kalau sudah selesai, kamu bisa exit.
begini ini contoh tampilannya


Nah untuk kembali lagi, pilih resume

selesai deh, sekarang kamu punya password baru, kalo lupa lagi, tinggal di reset lagi. gampang kan? hehee

Kalau mau tutorial aslinya nih di sini: psycho cats atau zonamatahari

Thanks buat yang udah baca, semoga bermanfaat 
dan maaf jika ada kesalahan.

./Nuenomaru
Nuenomaru just an illusion In Cyber World
Nuenomaru just an illusion in Cyber World


Visit and follow :

FP         : TKJ Cyber Art
G+         TKJ Cyber Art
youtube : TKJ Cyber Art
BBM      : C0018D1A2


EmoticonEmoticon